My Healthy Yoghurt

Kontak Kami

08119333722 / +628119333722

EMAIL

admin@myhealthyyogurt.co.id

Pin BBM

D20350CF

Yoghurt, Bisnis Terbaru yang Menjanjikan

Usaha yoghurt saat ini dianggap sebagai salah satu bisnis terbaru yang menjanjikan. Peluang bisnis yoghurt masih cukup besar di tengah kebutuhan yoghurt yang semakin meningkat.

Menjanjikan Bukan Berarti Tanpa Kendala

Meski terbilang menjanjikan dan memiliki prospek cerah di masa depan, bukan berarti bisnis produk yoghurt tanpa kendala. Kebutuhan akan minuman sehat seperti susu dan yoghurt semakin meningkat tiap tahunnya. Namun, produk yoghurt justru sering sulit ditemui karena kendala bisnis ini justru datang dari faktor pebisnis itu sendiri.

Mayoritas penurunan penjualan yoghurt disebabkan karena terputusnya mitra kerja. Terputusnya hubungan dengan mitra kerja ini bisa disebabkan karena mitra kerja gagal mencapai target penjualan atau tidak menerapkan strategi marketing yang baik. Gagalnya pencapaian target penjualan yoghurt umumnya disebabkan karena mitra kerja salah memilih lokasi berjualan yoghurt.

Persiapan Memulai Bisnis Yoghurt

Masih enggannya para distributor dan agen menggunakan sarana promosi yang memadai membuat konsumen sering kesulitan menemukan produk yoghurt cair maupun beku (froyo) di pasaran. Untuk itu, demi mencapai penjualan yang optimal, pengusaha yoghurt harus mau menggunakan berbagai sarana promosi. Selain itu, mempersiapkan hal-hal berikut ini sebelum memulai bisnis yoghurt juga sangat direkomendasikan.

·         Bahan baku

Langkah awal memulai bisnis yoghurt adalah mempersiapkan bahan bakunya yang berupa susu cair murni, bibit yoghurt dan krim susu. Untuk susu cair murni dan krim susu bisa Anda dapatkan dengan mudah di supermarket atau toko bahan makanan. Sedangkan untuk bibit yoghurt biasanya sulit didapatkan sehingga bisa diganti dengan plain yoghurt siap pakai. Untuk menambah rasa, Anda bisa menggunakan sari buah aneka rasa dan potongan buah, meses atau choco chips.

·         Peralatan

Peralatan yang menunjang usaha seperti blender, etalase, kompor gas, wadah kaca, lemari es, panci dan lainnya juga perlu dipersiapkan. Gunakan peralatan yang bersih dan masih berfungsi dengan baik. Jika membuka kedai yang menyajikan yoghurt, sediakan gelas saji, sendok, kursi dan meja bagi para pembeli.

·         Lokasi

Penggemar yoghurt umumnya kalangan remaja dan anak-anak. Jadi, Anda harus mencari lokasi berjualan yang tepat bila ingin mendapatkan konsumen setia. Area kampus, sekolah, kantin sekolah, tempat les, tempat rekreasi dan taman bermain merupakan beberapa lokasi yang ideal untuk berjualan yoghurt. Selain itu, mall juga bisa dijadikan lokasi berjualan karena sering menjadi tempat bersantai dan berkumpulnya keluarga.

·         Karyawan

Membuka bisnis terbaru seperti bisnis yoghurt, Anda pasti membutuhkan karyawan baik dalam proses produksi, pengemasan hingga delivery. Dengan adanya karyawan, yoghurt bisa diproduksi dan didistribusikan dalam waktu lebih singkat dan lebih efisien. Bila Anda memutuskan untuk menjual yoghurt di sebuah kedai, maka perlu merekrut karyawan untuk melayani pembeli dan membersihkan kedai tersebut.

·         Strategi promosi

Demi meningkatkan target penjualan, Anda perlu menerapkan strategi marketing yang sesuai sasaran. Mulailah menjual yoghurt di bazar sekolah, kampus atau pameran kuliner. Gunakan brosur atau pamflet untuk mempromosikan kedai yoghurt Anda. Brosur ini bisa disebarkan di area sekitar kedai atau di tempat yang sering dikunjungi orang. Bila memiliki dana lebih, Anda bisa mempromosikan produk yoghurt  tersebut menggunakan iklan di koran dan majalah atau dengan berpromosi di sosial media.

·         Harga jual

Yoghurt sering dihargai lebih mahal daripada minuman lainnya karena proses pembuatannya yang menyita waktu dan tenaga. Untuk satu cup yoghurt plain berukuran 16 oz bisa dijual seharga 4 ribuan. Tapi jika menjual yoghurt beraneka rasa di kedai dengan tambahan topping seperti buah-buahan, Anda bisa menjualnya dengan harga sekitar Rp. 8 ribuan hingga 15 ribuan. Lokasi usaha juga perlu dipertimbangkan saat menentukan harga jual produk yoghurt tersebut.

·         Risiko bisnis yoghurt

Selain mempersiapkan peralatan dan lokasi, Anda juga perlu mempersiapkan langkah yang harus dilakukan bila yoghurt tak habis terjual. Yoghurt memang bisa disimpan di lemari es atau freezer, namun kualitasnya akan menurun. Oleh sebab itu, Anda perlu mempertimbangkan kapasitas produksi dengan potensi jumlah yoghurt yang habis terjual setiap harinya. Dengan begitu, di penghujung hari tak banyak yoghurt yang tersisa dan terbuang.

Memulai bisnis terbaru seperti produksi yoghurt memang terkesan menggiurkan. Tapi bukan berarti Anda boleh berbisnis seenaknya. Untuk itu, pertimbangkan faktor-faktor di atas agar produksi dan penjualan yoghurt bisa mencapai target.